MARKETING INSIGHT, APA DAN BAGAIMANA

 

PEMBAHASAN WEBINAR “MARKETING INSIGHT, APA DAN BAGAIMANA”?

 

Berikut ringkasan topic atau materi yang disampaikan pada webinar “Marketing Insight, Apa Dan Bagaimana ?”

Judul Materi :

“ Market Insight : The Importance & How To Create It ”

Pemateri : Diana Fajarwati

 

Jadi, sebagai pemula yang akan membangun bisnis baru, kita harus menentukan :

a.       Bagaimana produk kita dapat diterima oleh pasar

1.)    Kita harus memahami kondisi pasar saat ini

·         Apa sih yang relevan dengan pasar saat ini

·     Apa yang menarik dan disukai oleh konsumen atau pasar saat ini, bisa dilihat dari fungsinya, membuat orang merasa nyaman/senang, simbolik dari produk itu sendiri

·         Apa yang cocok dengan konsumen saat ini, hal ini berhubungan dengan kemampuan konsumen membeli produk kita, berhubungan dengan target konsumen yang sesuai dengan sasaran kita

 

b.      Mengetahui apa itu insight ?

Mengetahui suatu informasi yang sampai kepada intinya, dimana informasi itu membantu kita memahami suatu permasalahan yang komplikatif, biasanya bersifat tiba-tiba

 

Jadi market insight adalah bagaimana kita memahami suatu pasar dengan mendalam dan baik dan biasanya intuisi ini biasanya datang secara tiba-tiba.

 

Mendapatkan market insight bisa dilakukan dengan market research. Meliputi :

·         Qualitative research, misalnya : dilakukan melalui observasi

·         Quantitative research, misalnya : dilakukan melalui online survey

·         Social media listening / monitoring, melakukan survey melalui media sosial untuk mengembangkan produk lebih baik

·         Market intelligent (bisa terlepas atau menjadi bagian dari quantitative research)

 


Untuk pembahasan materi lebih lengkap dan jelas bisa di klik link berikut ini :

https://www.youtube.com/watch?v=atnFeJMum4k



 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL BUSINESS MODEL DAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

TEKNIK DAN STRATEGI PEMASARAN

DIGITAL MARKETING