DIGITAL MARKETING
ASSALAMU'ALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABHARAKATUH
hollllaaa semuanya, kali ini kita akan membahas tentang Digital Marketing, baik langsung saja kita membahas materi ini
·
APA ITU DIGITAL MARKETING
Digital marketing adalah pemasaran produk maupun jasa
yang dilakukan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk
menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efisien, personal dan
relevan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam
psikologi pasar dan teknologi. Tidak seperti pemasaran tradisional yang
memasang iklan lewat baliho, pemasaran digital ini menggunakan berbagai
platform digital sebagai media pemasarannya.
Digital marketing bisa disebut sebagai
salah satu metode promosi tentang suatu produk atau jasa dengan menggunakan
media digital (elektronik). Saat ini, aktivitas digital marketing tak terbatas
pada periklanan di TV atau radio saja, tapi sudah merambah ke internet.
·
STRATEGI DIGITAL MARKETING
Berikut beberapa contoh strategi
digital marketing yang biasa digunakan para pebisnis:
1. Search Engine
Optimization (SEO)
SEO adalah upaya untuk
mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil
pencarian. Untuk menjadi peringkat teratas, Anda perlu memahami bagaimana
sistem mesin pencari. Media yang dapat digunakan seperti website, blogs dan indografis.
2. Content Marketing
Merencanakan, membuat serta membagikan
konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis
dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli. Konten ini dapat dibuat dalam
bentuk unggahan blog,
media sosial, artikel, e-book,
indografis serta brosur online.
3. Otomatisasi Pemasaran
Otomatisasi Pemasaran merupakan
teknik otomatisasi tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas seperti alur
pekerjaan, susunan unggahan konten serta laporan kampanye. Otomatisasi ini
dapat dilakukan di kanal digital seperti email dan media sosial.
4. Pay-Per-Klik
(PPC)
PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs Anda
dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar lalu
mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya setiap
kliknya. Selain itu, ada juga Facebook Ads dan Pesan Sponsor LinkedIn.
5. Native Advertising
Bentuk konten berbayar yang
ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan
penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang
terkait. Contohnya Promoted
Post di Instagram dan Facebook.
6. Affiliate Marketing
Anda bermitra dengan layanan atau
situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke
bisnis Anda. Contohnya Hosting
video ads dengan Youtube.
7. Sosial Media Marketing
Anda mempromosikan brand dan konten di
media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger. Media
sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand. Akan tetapi, pada awalnya fokus saja dulu
terhadap satu media sosial untuk mempersingkat waktu, biaya, tenaga manusia dan
ilmu. Lalu tentukan kepribadian yang Anda gunakan dalam media sosial, seperti
formal atau semi formal.
·
MANFAAT DIGITAL MARKETING
Berikut
beberapa manfaat dari digital marketing :
1. Kecepatan
Penyebaran
Strategi pemasaran dengan
menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam
hitungan detik. Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan tepat.
2. Kemudahan Evaluasi
Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan
pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti berapa lama produk Anda
ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa persen konversi
penjualan dari setiap iklan dan sebagainya. Setelah mengetahui informasi-informasi
macam itu, selanjutnya Anda dapat melakukan evaluasi mana iklan yang baik dan
buruk. Sehingga Anda dapat memperbaiki untuk periode berikutnya.
3. Jangkauan Lebih Luas
Kelebihan berikutnya yaitu
jangkauan geografis dari DM yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke
seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.
4. Murah dan Efektif
Dibandingkan dengan pemasaran
tradisional, tentu saja digital
marketing jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang yang dihemat
dapat sampai 40%, hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend
Report. Selain itu, survey juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan
berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif.
5. Membangun Nama Brand
Digital marketing membantu
Anda membangun nama brand dengan
baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand Anda sangat penting karena orang akan
melakukan pencarian online sebelum
membeli produk Anda.
·
KEUNGGULAN DIGITAL MARKETING
Berikut beberapa keunggulan digital marketing :
1. Menjangkau Konsumen Lebih Luas
Media digital atau internet tidak mengenal
batasan ruang, bahkan internet menembus batas-batas suatu negara yang artinya
suatu pesan yang telah diunggah ke internet dapat dikonsumsi oleh khalayak dari
seluruh dunia. Jika anda menyampaikan pesan informasi terkait produk dan
promosi yang anda berikan, pesan tersebut dapat menjangkau khalayak yang lebih
luas, tidak hanya lokal, tetapi juga nasional bahkan global. Berbeda dengan
pemasaran atau iklan yang ditenpatkan pada billboard, surat kabar, atau radio.
Media-media tersebut hanya mampu menjangkau suatu wilayah tertentu.
2.
Hasil Terukur
Salah satu keistimewaan dari digital
marketing lewat jasa agency adalah hasilnya
lebih mudah untuk diukur. Pemasaran digital melalui media digital yang berbasis
data memudahkan pemasar untuk melakukan monitoring proses pemasaran. Selama
proses pemasaran, pemasar dapat mengumpulkan data hasil pemasaran mulai dari
berapa banyak orang yang terpapar iklan, berapa banyak yang melakukan
kunjungan, atau berapa banyak yang melakukan pembelian. Dari data tersebut
dapat dihitung ROI (Return Of Invesment) yang diperoleh. Artinya pemasar dapat
menghitung pendapatan yang diperoleh melalui pemasaran digital dengan suatu
biaya tertentu. Sehingga proses evaluasi lebih mudah untuk dilakukan untuk
menilai apakah aktivitas pemasaran tersebut efektif dan layak dipertahankan,
ataukah harus mencari jenis kegiatan yang lain.
3. Penyampaian Informasi Lebih Cepat
Data digital lebih mudah diganti dan
diperbarui. Oleh karena itu pesan atau iklan yang disampaikan melalui media
digital lebih mudah untuk diperbarui. Selain lebih mudah, pembaruan atau
penggantian informasi bisa lebih cepat dilakukan. Misalnya informasi terkait
produk atau promosi yang anda sampaikan melalui website resmi ingin diubah,
anda bisa melakukan perubahan saat itu juga. Berbeda dengan marketing
konvensional, pembaruan informasi lebih sulit dilakukan karena media tersebut
bukan milik perusahaan. Sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu
perusahaan juga harus mengikuti jadwal sang pemilik media untuk melakukan
update informasi.
4.
Biaya Yang Dikeluarkan Lebih Murah
Seiring dengan kelebihan menggunakan digital
marketing melalui jasa agency yang disampaikan
pada poin pertama, bahwa jenis pemasaran ini memiliki jangkauan yang lebih
luas, kegiatan pemasaran melalui media digital terbilang relatif lebih murah
dibandingkan dengan metode marketing konvensional. Misalnya, pemasaran melalui
media TV, Billboard, atau koran, dibutuhkan biaya ratusan hingga milyaran
rupiah. Sedangkan pemasaran melalui media digital bisa dimulai dari angka
puluhan ribu rupiah. Terlebih pemasar dapat memilih kelompok atau target
tertentu.
Komentar
Posting Komentar