DIGITAL MARKETING

 ASSALAMU'ALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABHARAKATUH

hollllaaa semuanya, kali ini kita akan membahas tentang Digital Marketing, baik langsung saja kita membahas materi ini


·         APA ITU DIGITAL MARKETING

Digital marketing adalah pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efisien, personal dan relevan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Tidak seperti pemasaran tradisional yang memasang iklan lewat baliho, pemasaran digital ini menggunakan berbagai platform digital sebagai media pemasarannya.

Digital marketing bisa disebut sebagai salah satu metode promosi tentang suatu produk atau jasa dengan menggunakan media digital (elektronik). Saat ini, aktivitas digital marketing tak terbatas pada periklanan di TV atau radio saja, tapi sudah merambah ke internet.

·         STRATEGI DIGITAL MARKETING

Berikut beberapa contoh strategi digital marketing yang biasa digunakan para pebisnis:

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian. Untuk menjadi peringkat teratas, Anda perlu memahami bagaimana sistem mesin pencari. Media yang dapat digunakan seperti websiteblogs dan indografis.

2. Content Marketing

Merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli. Konten ini dapat dibuat dalam bentuk unggahan blog, media sosial, artikel, e-book, indografis serta brosur online.

3. Otomatisasi Pemasaran

Otomatisasi Pemasaran merupakan teknik otomatisasi tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas seperti alur pekerjaan, susunan unggahan konten serta laporan kampanye. Otomatisasi ini dapat dilakukan di kanal digital seperti email dan  media sosial.

 

4. Pay-Per-Klik (PPC)

PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs Anda dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar lalu mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya setiap kliknya. Selain itu, ada juga Facebook Ads dan Pesan Sponsor LinkedIn.

5. Native Advertising

Bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook.

6. Affiliate Marketing

Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis Anda. Contohnya Hosting video ads dengan Youtube.

7. Sosial Media Marketing

Anda mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger. Media sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand. Akan tetapi, pada awalnya fokus saja dulu terhadap satu media sosial untuk mempersingkat waktu, biaya, tenaga manusia dan ilmu. Lalu tentukan kepribadian yang Anda gunakan dalam media sosial, seperti formal atau semi formal.

·         MANFAAT DIGITAL MARKETING

Berikut beberapa manfaat dari digital marketing :

1. Kecepatan Penyebaran

Strategi  pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan tepat.

2. Kemudahan Evaluasi

Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti berapa lama produk Anda ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya. Setelah mengetahui informasi-informasi macam itu, selanjutnya Anda dapat melakukan evaluasi mana iklan yang baik dan buruk. Sehingga Anda dapat memperbaiki untuk periode berikutnya.

3. Jangkauan Lebih Luas

Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan geografis dari DM yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.

4. Murah dan Efektif

Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report. Selain itu, survey juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif.

5. Membangun Nama Brand

Digital marketing membantu Anda membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.

 

·         KEUNGGULAN DIGITAL MARKETING

Berikut beberapa keunggulan digital marketing :

1. Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Media digital atau internet tidak mengenal batasan ruang, bahkan internet menembus batas-batas suatu negara yang artinya suatu pesan yang telah diunggah ke internet dapat dikonsumsi oleh khalayak dari seluruh dunia. Jika anda menyampaikan pesan informasi terkait produk dan promosi yang anda berikan, pesan tersebut dapat menjangkau khalayak yang lebih luas, tidak hanya lokal, tetapi juga nasional bahkan global. Berbeda dengan pemasaran atau iklan yang ditenpatkan pada billboard, surat kabar, atau radio. Media-media tersebut hanya mampu menjangkau suatu wilayah tertentu.

2. Hasil Terukur

Salah satu keistimewaan dari digital marketing lewat jasa agency adalah hasilnya lebih mudah untuk diukur. Pemasaran digital melalui media digital yang berbasis data memudahkan pemasar untuk melakukan monitoring proses pemasaran. Selama proses pemasaran, pemasar dapat mengumpulkan data hasil pemasaran mulai dari berapa banyak orang yang terpapar iklan, berapa banyak yang melakukan kunjungan, atau berapa banyak yang melakukan pembelian. Dari data tersebut dapat dihitung ROI (Return Of Invesment) yang diperoleh. Artinya pemasar dapat menghitung pendapatan yang diperoleh melalui pemasaran digital dengan suatu biaya tertentu. Sehingga proses evaluasi lebih mudah untuk dilakukan untuk menilai apakah aktivitas pemasaran tersebut efektif dan layak dipertahankan, ataukah harus mencari jenis kegiatan yang lain.

3. Penyampaian Informasi Lebih Cepat

Data digital lebih mudah diganti dan diperbarui. Oleh karena itu pesan atau iklan yang disampaikan melalui media digital lebih mudah untuk diperbarui. Selain lebih mudah, pembaruan atau penggantian informasi bisa lebih cepat dilakukan. Misalnya informasi terkait produk atau promosi yang anda sampaikan melalui website resmi ingin diubah, anda bisa melakukan perubahan saat itu juga. Berbeda dengan marketing konvensional, pembaruan informasi lebih sulit dilakukan karena media tersebut bukan milik perusahaan. Sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu perusahaan juga harus mengikuti jadwal sang pemilik media untuk melakukan update informasi.

4. Biaya Yang Dikeluarkan Lebih Murah

Seiring dengan kelebihan menggunakan digital marketing melalui jasa agency yang disampaikan pada poin pertama, bahwa jenis pemasaran ini memiliki jangkauan yang lebih luas, kegiatan pemasaran melalui media digital terbilang relatif lebih murah dibandingkan dengan metode marketing konvensional. Misalnya, pemasaran melalui media TV, Billboard, atau koran, dibutuhkan biaya ratusan hingga milyaran rupiah. Sedangkan pemasaran melalui media digital bisa dimulai dari angka puluhan ribu rupiah. Terlebih pemasar dapat memilih kelompok atau target tertentu.

 

Demikian pembahasan mengenai DIGITAL MARKETING, semoga dilain waktu bisa kembali membahas materi lainnya...

Kurang lebih mohon dimaafkan, Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabrakatuh....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL BUSINESS MODEL DAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

TEKNIK DAN STRATEGI PEMASARAN