MENGENAL VRIO DALAM BISNIS
Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh...
Holaaa teman teman
calon pengusaha SUKSES. Aamin
Kali ini, saya akan
membahas mengenai “ANALISA VRIO”
Jadi, untuk
mempersingkat waktu cekidot langsung kita gas pembahasan kali ini
Pertama, apa yang teman
teman ketahui tentang VRIO ?
Jadi, kerangka VRIO adalah alat yang digunakan untuk menganalisis sumber daya internal perusahaan dan kemampuan untuk mengetahui apakah perusahaan dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif berkelanjutan. Barney dan Clark (2007) dalam bukunya Resource-Based Theory : Creating and Sustaining Competitive Advantage.
VRIO
adalah kependekan dari Valuable, Rare, Imitate to cost, dan Organized. VRIO
dapat digunakan untuk melihat perbandingan komparatif mengenai kekuatan dan
kelemahan kondisi internal perusahaan. Menrut Antonio, & Cardael, 2012
Dalam analisa VRIO, perusahaan akan menganalisa dari empat pertanyaan sebagai
berikut:
1.
Valuable
Pertanyaan pertama dalam kerangka analisa ini adalah apakah
perusahaan memilki sumber daya yang menambah nilai dalam memanfaatkan peluang
dan bertahan dalam menghadapi ancaman. Jika jawaban dari pertanyaan tersebut
adalah iya, maka sumber daya dapat diasumsikan berharga. Selain hal tersebut,
sumber daya juga berharga jika sumber daya mampu meningkatkan nilai yang
dirasakan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan diferensiasi atau /
dan penurunan harga produk. Jika sumber daya perusahaan tidak dapat memenuhi
kondisi ini maka perusahaan memiliki kelemahan dalam keunggulan kompetitif. Hal
ini penting untuk terus ditinjau karena perubahan secara internal dan eskternal
yang terjadi secara terus menerus.
2.
Rare
Sumber daya yang hanya bisa diperoleh oleh satu atau sangat
sedikit perusahaan merupakan sumber daya yang dianggap langka. Jika sumber daya
dapat dikatakan langka dan berharga maka peursahaan memiliki keunggulan
kompetitif sementara. Di sisi lain, jika beberapa perusahaan memiliki sumber
daya yang sama dan menggunakan kemampuan tersebut dalam cara yang sama, maka
perusahaan dapat dikatakan memilki keunggulan kompetitif paritas / comptitive parity. Hal ini karena perusahaan dapat
menggunakan sumber daya yang sama untuk menerapkan strategi yang sama dan tidak
ada organisasi dapat mencapai kinerja yang unggul.
3.
Ininimitable
Sumber daya yang memiliki biaya tinggi akan sulit ditiru,
dibeli, dan digantikan oleh perusahaan pesaing. Dalam hal imitasi perusahaan
pesaing memiliki dua cara yaitu dengan cara langsung meniru / menduplikasi
sumber daya dan menyediakan produk atau jasa sebanding. Jika perusahaan
memiliki sumber daya yang berharga, langka, dan mahal untuk ditiru maka
perusahaan dapat diasumsikan sebagai perusahaan yang memiliki keunggulan
kompetitif yang berkelanjutan. Menurut Barney (1991) perusahaan dapat sulit
ditiru karena tiga alasan yang akan dijelaskan sebagai berikut :
a.
Kondisi Sejarah
Perusahaan yang dikembangkan karena peristiwa sejarah atau
dalam jangka waktu lama akan sulit ditiru.
b.
Ambiguitas Kausal
Perusahaan pesaing tidak dapat mengidentifikasi sumber daya
tertentu yang menyebabkan keunggulan kompetitif.
c.
Kompleksitas Sosial
Sumber daya dan kemampuan yang didasarkan pada budaya
perusahaan atau hubungan interpersonal.
4.
Organized
to Captured Value
Sumber daya itu sendiri tidak
memberikan keuntungan apapun bagi perusahaan jika tidak terorganisir untuk
menangkap nilai dari mereka. Sebuah perusahaan harus mengatur sistem manajemen,
proses, kebijakan, struktur dan budaya organisasi untuk dapat sepenuhnya
menyadari potensi yang berharga, langka dan mahal agar dapat mencapai
keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
Selanjutnya untuk memahami
lebih jauh mengenai VRIO, saya akan melakukan contoh IMPELEMTASI ANALISA VRIO
DALAM BISNIS
Nama Bisnis : Muslim
Needs
Analisa SWOT
STRENGTH
(KEKUATAN) ü
Potensi pasar yang cukup besar dan menjanjikan ü
Respon masyarakat yang positif ü
Bahan baku yang mudah didapat ü
Kualitas yang baik ü
Harga lebih murah |
WEAKNESS
(KELEMAHAN) -
Ketidakpercayaan masyarakat akan kualitas yang
ditawarkan -
Jumlah pesaing yang cukup banyak |
OPPORTUNITY
(PELUANG) ü
Banyaknya konsumen ü
Mudahnya melakukan promosi |
THREATS
(ANCAMAN) -
Timbul usaha sejenis yang lebih murah -
Jaringan usaha yang belum luas -
Naiknya harga bahan baku karena banyaknya
permintaan |
Berikut contoh analisa VRIO dalam bisnis Muslimah Needs
Muslim Needs berdasarkan Valuable :
1.
Apakah anda punya konsep dasar produk ?
Jawaban : Muslim Needs punya konsep simple
dan minimalis cocok untuk trend busana muslim saat ini
2.
Apakah anda menciptakan hasil karya anda sendiri
?
Jawaban : Iya saya menciptakan desain
sendiri
3.
Apakah puas dengan produk anda?
Jawaban : Saya cukup puas dengan apa yang
dihasilkan selama ini dan masih berjalan sampai saat ini.
4.
Apakah produk anda aman untuk dipakai ?
Jawaban : Alhamdulillah selama 1 tahun ini
belum ada yang complain dengan Muslim Needs.
5.
Apakah anda memiliki pelanggan di luar daerah ?
Jawaban : Karena penjualan menggunakan
ecommerce maka produk Muslim Needs sudah tersebar
6.
Apakah produk anda terasa nyaman ?
Jawaban : Kita ambil bahan yang berkualitas
baik untuk kita jual
7.
Apakah produk anda punya banyak jenis ?
Jawaban : Saat ini Muslim Needsm
menyediakan pakaian muslim / muslimah,
perlengkapan shalat, hijab dan akesoris muslimah
8.
Apakah produk anda punya berbagai macam ukuran ?
Jawaban : Dari yang dewasa sampai
anak-anak, dari yang kecil sampai yang besar
9.
Apakah produk anda punya banyak warna ?
Jawaban : Muslim Needs punya banyak model
dan desain dengan aneka ragam warna
10.
Apakah produk anda punya daya guna ?
Jawaban : Muslim Need sebuah style mode
untuk muslim / muslimah
1.
Apakah barang yang telah diproduksi tidak
diproduksi lagi di lain waktu ?
Jawaban : Menyesuaikan permintaan minat di pasaran
2.
Apakah perusahaan tidak menciptakan produk dalam
jumlah besar ?
Jawaban : Muslim Needs hanya memproduksi satu lusin pada satu desain.
3.
Apakah produk ini tidak ada di tempat lain ?
Jawaban : Tidak ada.
4.
Apakah produk didesain sendiri ?
Jawaban : Ya dengan materi yang ada dan desain kreatif
5.
Apakah barang hanya bisa didapatkan di satu toko
?
Jawaban : Bisa didapatkan di ecommerce resmi Muslim Needs.
6.
Apakah anda aktif di komunitas ?
Jawaban : Tidak.
7.
Apakah pegawai menguasai informasi produk dan
sejarahnya?
Jawaban : Pegawainya berganti –ganti dan belum terlalu menguasai
8.
Apakah pegawai tampil dengan gaya yang sesuai ?
Jawaban : Pegawai saya tampil sesuai gayanya dan ala kadarnya
9.
Apakah manajemen sering melakukan inovasi ?
Jawaban : Iya menyesuaikan perkembangan zaman dalam mempromosikan Muslim
Needs
Muslim Needs berdasarkan Imitate to cost :
1.
Apakah produk sulit ditiru ?
Jawaban : Tidak sulit karena baju muslim itu banyak model nya
2.
Apakah produk sudah cukup dikenal luas ?
Jawaban : Alhamdulillah baru berjalan satu tahun dan orang sudah cukup banyak
yang mengenal produk kita.
3.
Apakah produk sudah di export keluar ?
Jawaban : Belum, belum ada yang minta
4.
Apakah produk ini punya sesuatu yang khusus
untuk menandakan ?
Jawaban : Hanya logo kita saja, kita tak punya hologram khusus.
5.
Apakah produksinya tidak mudah ?
Jawaban : Tidak terlalu sulit orang untuk plagiat produk ini
6. Apakah
desain tidak di bagikan di internet?
Jawaban : kita bagikan di situs resmi kita setiap produk yang baru kita
keluarkan.
7.
Apakah harganya murah ?
Jawaban : Terjangkau.
8.
Apakah produk sudah dipatenkan ?
Jawaban : Belum.
Muslim Needs berdasarkan Organized :
1.
Apakah karyawan tidak berganti setiap tahunnya ?
Jawaban : Karyawan ada yang berganti ada yang tidak
2.
Apakah produk dapat memenuhi permintaan pasar ?
Jawaban : Iya menyesuaikan permintaan pasar dan mode
3.
Apakah perusahaan punya pelanggan tetap ?
Jawaban : Iya bahkan ada yang berminat menjadi reseller kami
4.
Apakah perusahaan punya capaian kedepan ?
Jawaban : Rencana terdekat kita mau punya toko sendiri bukan usaha
rumahan
5.
Apakah pendapatan bertambah setiap tahunnya ?
Jawaban : Sejak berdiri sampai saat ini mulai bertambah setiap tahunnya
6.
Apakah perusahaan telah memperluas usaha ?
Jawaban : Untuk sekarang masih disini aja dulu.
7.
Apakah anda aktif melakukan promosi ?
Jawaban : Kita aktif di media sosial dan E-commerce.
8.
Apakah anda sudah bekerja sama dengan pihak lain
?
Jawaban
: Untuk saat ini nanti dulu.
Baik teman-teman sekian artikel kali ini semoga bermanfaat untuk kita
Sampai bertemu dilain waktu
Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.... bye bye
Komentar
Posting Komentar