MENGENAL VRIO DALAM BISNIS

 Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh...

Holaaa teman teman calon pengusaha SUKSES. Aamin

Kali ini, saya akan membahas mengenai “ANALISA VRIO”

Jadi, untuk mempersingkat waktu cekidot langsung kita gas pembahasan kali ini

 

Pertama, apa yang teman teman ketahui tentang VRIO ?

                                Sumber : https://slidesgo.com/theme/vrio-analysis-infographics

Jadi, kerangka VRIO adalah alat yang digunakan untuk menganalisis sumber daya internal perusahaan dan kemampuan untuk mengetahui apakah perusahaan dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif berkelanjutan. Barney dan Clark (2007) dalam bukunya Resource-Based Theory : Creating and Sustaining Competitive Advantage. 

VRIO adalah kependekan dari Valuable, Rare, Imitate to cost, dan Organized. VRIO dapat digunakan untuk melihat perbandingan komparatif mengenai kekuatan dan kelemahan kondisi internal perusahaan. Menrut Antonio, & Cardael, 2012 Dalam analisa VRIO, perusahaan akan menganalisa dari empat pertanyaan sebagai berikut:

1.      Valuable

Pertanyaan pertama dalam kerangka analisa ini adalah apakah perusahaan memilki sumber daya yang menambah nilai dalam memanfaatkan peluang dan bertahan dalam menghadapi ancaman. Jika jawaban dari pertanyaan tersebut adalah iya, maka sumber daya dapat diasumsikan berharga. Selain hal tersebut, sumber daya juga berharga jika sumber daya mampu meningkatkan nilai yang dirasakan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan diferensiasi atau / dan penurunan harga produk. Jika sumber daya perusahaan tidak dapat memenuhi kondisi ini maka perusahaan memiliki kelemahan dalam keunggulan kompetitif. Hal ini penting untuk terus ditinjau karena perubahan secara internal dan eskternal yang terjadi secara terus menerus.

 

2.      Rare

Sumber daya yang hanya bisa diperoleh oleh satu atau sangat sedikit perusahaan merupakan sumber daya yang dianggap langka. Jika sumber daya dapat dikatakan langka dan berharga maka peursahaan memiliki keunggulan kompetitif sementara. Di sisi lain, jika beberapa perusahaan memiliki sumber daya yang sama dan menggunakan kemampuan tersebut dalam cara yang sama, maka perusahaan dapat dikatakan memilki keunggulan kompetitif paritas / comptitive parity. Hal ini karena perusahaan dapat menggunakan sumber daya yang sama untuk menerapkan strategi yang sama dan tidak ada organisasi dapat mencapai kinerja yang unggul.

 

3.      Ininimitable

Sumber daya yang memiliki biaya tinggi akan sulit ditiru, dibeli, dan digantikan oleh perusahaan pesaing. Dalam hal imitasi perusahaan pesaing memiliki dua cara yaitu dengan cara langsung meniru / menduplikasi sumber daya dan menyediakan produk atau jasa sebanding. Jika perusahaan memiliki sumber daya yang berharga, langka, dan mahal untuk ditiru maka perusahaan dapat diasumsikan sebagai perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Menurut Barney (1991) perusahaan dapat sulit ditiru karena tiga alasan yang akan dijelaskan sebagai berikut :

a.       Kondisi Sejarah

Perusahaan yang dikembangkan karena peristiwa sejarah atau dalam jangka waktu lama akan sulit ditiru.

 

b.      Ambiguitas Kausal

Perusahaan pesaing tidak dapat mengidentifikasi sumber daya tertentu yang menyebabkan keunggulan kompetitif.

 

c.       Kompleksitas Sosial

Sumber daya dan kemampuan yang didasarkan pada budaya perusahaan atau hubungan interpersonal.

 

4.      Organized to Captured Value

Sumber daya itu sendiri tidak memberikan keuntungan apapun bagi perusahaan jika tidak terorganisir untuk menangkap nilai dari mereka. Sebuah perusahaan harus mengatur sistem manajemen, proses, kebijakan, struktur dan budaya organisasi untuk dapat sepenuhnya menyadari potensi yang berharga, langka dan mahal agar dapat mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Selanjutnya untuk memahami lebih jauh mengenai VRIO, saya akan melakukan contoh IMPELEMTASI ANALISA VRIO DALAM BISNIS

Nama Bisnis    : Muslim Needs

Analisa SWOT

STRENGTH (KEKUATAN)

 

ü  Potensi pasar yang cukup besar dan menjanjikan

ü  Respon masyarakat yang positif

ü  Bahan baku yang mudah didapat

ü  Kualitas yang baik

ü  Harga lebih murah

WEAKNESS (KELEMAHAN)

 

-          Ketidakpercayaan masyarakat akan kualitas yang ditawarkan

-          Jumlah pesaing yang cukup banyak

OPPORTUNITY (PELUANG)

 

ü  Banyaknya konsumen

ü  Mudahnya melakukan promosi

THREATS (ANCAMAN)

 

-          Timbul usaha sejenis yang lebih murah

-          Jaringan usaha yang belum luas

-          Naiknya harga bahan baku karena banyaknya permintaan

 


Berikut contoh analisa VRIO dalam bisnis Muslimah Needs

 

Muslim Needs berdasarkan Valuable :

1.       Apakah anda punya konsep dasar produk ?

Jawaban : Muslim Needs punya konsep simple dan minimalis cocok untuk trend busana muslim saat ini

 

2.       Apakah anda menciptakan hasil karya anda sendiri ?

Jawaban : Iya saya menciptakan desain sendiri

 

3.       Apakah puas dengan produk anda?

Jawaban : Saya cukup puas dengan apa yang dihasilkan selama ini dan masih berjalan sampai saat ini.

 

4.       Apakah produk anda aman untuk dipakai ?

Jawaban : Alhamdulillah selama 1 tahun ini belum ada yang complain dengan Muslim Needs.

 

5.       Apakah anda memiliki pelanggan di luar daerah ?

Jawaban : Karena penjualan menggunakan ecommerce maka produk Muslim Needs sudah tersebar

 

6.       Apakah produk anda terasa nyaman ?

Jawaban : Kita ambil bahan yang berkualitas baik untuk kita jual

 

7.       Apakah produk anda punya banyak jenis ?

Jawaban : Saat ini Muslim Needsm menyediakan pakaian muslim /  muslimah, perlengkapan shalat, hijab dan akesoris muslimah

 

8.       Apakah produk anda punya berbagai macam ukuran ?

Jawaban : Dari yang dewasa sampai anak-anak, dari yang kecil sampai yang besar

 

9.       Apakah produk anda punya banyak warna ?

Jawaban : Muslim Needs punya banyak model dan desain dengan aneka ragam warna

 

10.   Apakah produk anda punya daya guna ?

Jawaban : Muslim Need sebuah style mode untuk muslim / muslimah

 

 Muslim Needs berdasarkan Rare :

 

1.       Apakah barang yang telah diproduksi tidak diproduksi lagi di lain waktu ?

Jawaban : Menyesuaikan permintaan minat di pasaran

 

2.       Apakah perusahaan tidak menciptakan produk dalam jumlah besar ?

Jawaban : Muslim Needs hanya memproduksi satu lusin pada satu desain.

 

3.       Apakah produk ini tidak ada di tempat lain ?

Jawaban : Tidak ada.

 

4.       Apakah produk didesain sendiri ?

Jawaban : Ya dengan materi yang ada dan desain kreatif

 

5.       Apakah barang hanya bisa didapatkan di satu toko ?

Jawaban : Bisa didapatkan di ecommerce resmi Muslim Needs.

 

6.       Apakah anda aktif di komunitas ?

Jawaban : Tidak.

 

7.       Apakah pegawai menguasai informasi produk dan sejarahnya?

Jawaban : Pegawainya berganti –ganti dan belum terlalu menguasai

 

8.       Apakah pegawai tampil dengan gaya yang sesuai ?

Jawaban : Pegawai saya tampil sesuai gayanya dan ala kadarnya

 

9.       Apakah manajemen sering melakukan inovasi ?

Jawaban : Iya menyesuaikan perkembangan zaman dalam mempromosikan Muslim Needs


Muslim Needs berdasarkan Imitate to cost :

 

1.       Apakah produk sulit ditiru ?

Jawaban : Tidak sulit karena baju muslim itu banyak model nya


2.       Apakah produk sudah cukup dikenal luas ?

Jawaban : Alhamdulillah baru berjalan satu tahun dan orang sudah cukup banyak yang mengenal produk kita.

 

3.       Apakah produk sudah di export keluar ?

Jawaban : Belum, belum ada yang minta

 

4.       Apakah produk ini punya sesuatu yang khusus untuk menandakan ?

Jawaban : Hanya logo kita saja, kita tak punya hologram khusus.

 

5.       Apakah produksinya tidak mudah ?

Jawaban : Tidak terlalu sulit orang untuk plagiat produk ini

 

6.      Apakah desain tidak di bagikan di internet?

Jawaban : kita bagikan di situs resmi kita setiap produk yang baru kita keluarkan.

 

7.       Apakah harganya murah ?

Jawaban : Terjangkau.

 

8.       Apakah produk sudah dipatenkan ?

Jawaban : Belum.


Muslim Needs berdasarkan Organized :

1.       Apakah karyawan tidak berganti setiap tahunnya ?

Jawaban : Karyawan ada yang berganti ada yang tidak

 

2.       Apakah produk dapat memenuhi permintaan pasar ?

Jawaban : Iya menyesuaikan permintaan pasar dan mode

 

3.       Apakah perusahaan punya pelanggan tetap ?

Jawaban : Iya bahkan ada yang berminat menjadi reseller kami

 

4.       Apakah perusahaan punya capaian kedepan ?

Jawaban : Rencana terdekat kita mau punya toko sendiri bukan usaha rumahan

 

5.       Apakah pendapatan bertambah setiap tahunnya ?

Jawaban : Sejak berdiri sampai saat ini mulai bertambah setiap tahunnya

 

6.       Apakah perusahaan telah memperluas usaha ?

Jawaban : Untuk sekarang masih disini aja dulu.

 

7.       Apakah anda aktif melakukan promosi ?

Jawaban : Kita aktif di media sosial dan E-commerce.

 

8.       Apakah anda sudah bekerja sama dengan pihak lain ?

Jawaban : Untuk saat ini nanti dulu.


Baik teman-teman sekian artikel kali  ini semoga bermanfaat untuk kita

Sampai bertemu dilain waktu

Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.... bye bye

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL BUSINESS MODEL DAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

TEKNIK DAN STRATEGI PEMASARAN

DIGITAL MARKETING